Minggu, 17 Januari 2021

Resume Pertemuan 8 (MAKRO) Ade Ruhiyat

 

 

INDUSTRI 4.0

Frequently Asked Questions (FAQ)

[1] Birokrasi bagus tidak untuk kemajuan perusahaan/organisasi? [2] Mengapa perusahaan sony, nokia, blackberry Collaps (segmen produk hp)? (tatakelola Salah?) [3] Mengapa huawei leading dalam dunia Technology digital? [4] Mengapa industry jepang “kalah” dari Industry korea (pada beberapa segmen)? [5] Mengapa indonesia diprediksi tahun 2024 akan Menjadi 5 negara besar dunia (menggantikan Inggris/jerman? (bank dunia/imf).

 

Karakteristik Dasar Masyarakat di Dunia Dalam Hal Negosiasi Menurut Bangsanya :

Amerika : Lugas, logic, realistis, tidak bertele-tele, solusi cepa

Perancis : ramah, bersahabat, kecintaan akan bahasanya, perdebatan kurang penting dibandingkan logika, lebih menghargai prinsip drpd hasil, tepat waktu terlambat merupakan penghinaan.

Jerman : menghargai kesepakatan drpd hubungan antar pihak, kontrak detail, serius dan formal, menghargai waktu, sangat menghargai gelar dan jabatan.

Asia : peduli pd hubungan drpd kontrak, kontrak sebagai awal hubungan dan merupakan janji indivdu drpd organisasi.

Korea : kontrak merupakan permulaan bukan solusi akhir, kontrak lbh fleksibel u memperihitungkan perubahan

Cina : mementingkan kepentingan kelompok drpd individu, take give, tdk ingin dipermalukan dan memalukan orang lain

Jepang : tidak sopan berkata tidak, kebijaksanaan dan kehormatan lebih tinggi drpd kejujuran, hormat pd herarki, keputusan dalam kelompok (keputusan kolektif), menghargai kepentingan orang lain, memberikan solusi s.d tuntas, tidak ingin mengganggu orang lain, tidak ingin diganggu orang lain.

Rusia : hanya ada satu majikan “pemerintah”, uang tdk memiliki arti, birokratis, kesalahan akan berakibat sangat serius, solusi win-win tdk menarik, individual, trust lbh penting.

Timur Tengah : jangan menyebut secara umum arab, krn orang mesir dan irak tdk menyukainya, kontrak sebagai awal negosiasi bukan akhir, menolak keramahtamahan melukai perasaan orang, lbh baik membalas kebaikan mereka.

4 Komponen Pendukung Industri 4.0

[1] Internet of Things (IoT), dimana seluruh aktivitas berbasis IT.

[2] Cloud System, dimana seluruh data dan proses sudah berada dalam jaringan, bukan lagi berada dalam setiap di computer di masing-masing perusahaan

[3] Big Data, dimana perusahaan telah membangun system informasi yang di dalamnya berisi data dalam jumlah besar karena secara histori sudah terhimpun sejak lama dan memuat banyak informasi.

[4] Artifial Intelligent (AI), dimana system informasi didukung dengan analisis oleh system dengan mengacu pada Big Data.

 

Lima  Proritas Renstra 2020 – 2024 Kementrian Bumn

Nilai Ekonomi & Sosial untuk Indonesia

Inovasi Model Bisnis

Kepemimpinan Teknologi

Peningkatan Investasi

Pengembangan Talenta

 

Tujuan Yang Ingin Dicapai Menurut Komponennya

A. Strategy : membuat landasan strategi untuk mencapai tujuan perusahaan.

B. Structure : menyelaraskan struktur Bidang dengan struktur bisnis dan risiko Perusahaan untuk m

C. People : memiliki sumber daya yang kompeten untuk melaksanakan mandat dalam piagam BoD /BoC.

D. Process : menetapkan dan menjalankan proses dan metodologi yang seragam guna meyakinkan kualitas jasa yang diberikan oleh masing-masing elemen organisasi (bidang).

E. Technology : menggunakan teknologi di berbagai aspek-aspek operasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar